Rabu, 03 April 2013

Coklat Menyehatkan



Coklat merupakan jenis makanan yang menjadi favorit banyak orang sekarang ini. Kelezatan coklat yang bisa diolah sebagai camilan, minuman maupun campuran kue menjadi alasan mengapa banyak orang memasukkan coklat ke dalam daftar makanan kesukaannya.
Coklat dibuat dari biji kakao dengan kadar yang bervariasi, tergantung jenis coklat yang ingin dihasilkan dari pengolahan biji kakao tersebut.
Penelitian menunjukkan bahwa coklat tidak hanya lezat di mulut tetapi juga baik untuk kesehatan. Mereka yang gemar mengonsumsi coklat dapat merasakan berbagai manfaat yang diberikan oleh si coklat manis ini.
Coklat yang lezat bisa membuat hidup konsumennya menjadi lebih sehat. Beberapa poin di bawah ini adalah manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi coklat.

1. Coklat sebagai anti oksidan
Biji kakao diketahui mengandung anti oksidan jenis fenol dan flavonoid dalam jumlah tinggi. Keduanya memiliki manfaat yang besar bagi tubuh manusia.
Adanya zat anti oksidan akan membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas. Fenol berperan untuk mengurangi kolesterol di dalam darah dan mengecilkan risiko seseorang terkena serangan jantung maupun stroke.
Selama ini orang mengenal teh hijau sebagai minuman yang mengandung anti oksidan. Ternyata, dalam satu cangkir coklat, zat anti oksidan yang terkandung tiga kali lebih banyak dibandingkan anti oksidan dalam secangkir the hijau.
Meminum coklat hangat secara teratur bisa dilakukan untuk meningkatkan kadar zat anti oksidan dalam tubuh yang baik untuk kesehatan.

2. Coklat sebagai penyedia vitamin dan mineral
Berbagai macam jenis vitamin seperti Vitamin A, B, C, D dan E merupakan jenis vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Selama ini orang berpikir bahwa vitamin-vitamin tersebut hanya terkandung dalam sayur dan buah.
Ternyata makanan lezat seperti coklat juga memiliki manfaat yang sama, yakni mengandung unsur-unsur vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh tersebut.
Selain vitamin, coklat juga mengandung beberapa jenis mineral seperti zat besi, kalium dan kalsium. Biji kakao sebagai bahan dasar pembuatan coklat sendiri merupakan sumber alami magnesium dengan kandungan yang tertinggi.
Magnesium sangat bermanfaat untuk meningkatkan hormon progesteron bagi wanita serta mencegah penyakit hipertensi.

3. Coklat Untuk Kecantikan Kulit
Memiliki kulit yang cantik ternyata bisa didapatkan dari coklat. Anti oksidan dan katekin yang terkandung di dalam coklat adalah alasan mengapa coklat bermanfaat untuk mempercantik kulit.
Manfaat coklat untuk kecantikan kulit tersebut tidak hanya bisa didapatkan dengan mengonsumsi coklat saja, tetapi juga dengan menggunakan coklat sebagai bahan lulur.
Penjelasan di atas mengemukakan manfaat yang diberikan coklat bagi tubuh manusia. Akan tetapi, manfaat tersebut bisa didapatkan dengan memilih jenis coklat yang benar.
Memilih coklat tanpa gula atau berkadar gula rendah adalah pilihan yang tepat untuk bisa mendapatkan manfaat dari coklat tersebut. (perempuan.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar